Mendapatkan Lebih Banyak dari Opsi Berhenti Berlangganan



Tautan berhenti berlangganan membantu pemasar untuk memahami pelanggan mereka dengan lebih baik. Hal ini membuat mereka mencari alternatif yang akan membantu mempertahankan pelanggan untuk waktu yang lebih lama, bahkan terkadang selamanya. Seluruh prosedur akan memberikan wawasan tentang pandangan pelanggan, bagaimana mereka membayangkan perusahaan dan apa harapan mereka dari perusahaan. Pelanggan yang berhenti berlangganan memaksa perusahaan untuk memikirkan opsi balasan untuk menahan pelanggan agar tidak berhenti berlangganan. Jadi, jika seluruh proses dirancang dengan baik, itu sebenarnya membantu program email dalam mencapai tujuannya. 


Selain itu, dianggap sebagai praktik yang baik untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk berhenti berlangganan. 



Alasan utamanya adalah jika Anda tidak memberikan tautan berhenti berlangganan, kemungkinan besar konsumen akan melaporkan Anda ke ISP masing-masing sebagai spammer. Tautan berhenti berlangganan harus mudah ditemukan dan digunakan.  Pemasar menyertakan instruksi berhenti berlangganan di setiap email promosi, tetapi mereka harus memahami bahwa membangun kepercayaan pelanggan juga sangat penting. Pelanggan harus diberi kesempatan untuk mengelola kotak masuk mereka dengan memberikan opsi berhenti berlangganan di titik kontak penting lainnya. Langkah pertama menuju ini adalah mengirim pesan selamat datang segera setelah pelanggan berlangganan untuk mengonfirmasi permintaan. Kadang-kadang mungkin terjadi bahwa pelanggan akan berlangganan tanpa sadar, terutama karena kotak yang sudah dicentang sebelumnya pada formulir pendaftaran. Dalam hal ini sangat penting untuk memasukkan metode berhenti berlangganan dalam email selamat datang, jika tidak, penerima akan dipaksa untuk menerima email yang tidak diinginkan yang dapat mengganggunya hingga batas waktu yang sangat lama. Hal ini meningkatkan risiko mengklik tombol spam.


Selain mudah ditemukan, metode berhenti berlangganan juga harus sangat mudah. Hal ini membuat penerima enggan mengklik tombol spam atau mengabaikan pesan. Meskipun URL satu klik, yang merupakan proses satu langkah, digunakan oleh sebagian besar orang, tetapi opsi yang lebih baik adalah proses dua langkah. Terkadang penerima melakukan perubahan alamat; dalam hal ini proses satu langkah adalah pilihan terburuk. Minat atau kebutuhannya bahkan mungkin berubah atau dia mungkin ingin menerima email dari Anda lebih sedikit atau lebih sering. Di sini halaman profil akan membantu dalam mengurangi berhenti berlangganan dan memberikan pengalaman yang lebih bermanfaat bagi pelanggan. Dalam metode ini, beberapa tautan membawa pelanggan langsung ke halaman profil dan beberapa meminta kata sandi untuk melewatinya. Jika kata sandi diminta, maka wajib menambahkan opsi 'lupa kata sandi'. Hal ini menambah satu langkah lagi pada proses lengkap dan meningkatkan kemungkinan penerima menyerah dan mengklik tombol spam karena frustrasi.  


Cara terbaik adalah menggunakan proses dua langkah. Langkah pertama membawa penerima ke halaman profilnya dengan bantuan klik. Langkah kedua membantu dalam mengkonfirmasi permintaan penghapusan atau perubahan dalam profil individu. Menambahkan peluang penghapusan permintaan lainnya berfungsi sebagai bonus, seperti menghubungi dukungan pelanggan jika halaman profil tidak berfungsi atau menyertakan informasi kontak formulir web. Bersamaan dengan ini, opsi lain untuk menerima informasi harus diberikan kepada penerima. Akan sangat membantu untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk menjelaskan alasan berhenti berlangganan.  


Praktik baik lainnya adalah mengakui proses berhenti berlangganan. Hal ini membantu dalam membangun kepercayaan dalam program email karena hal ini memberitahu subscriber bahwa permintaannya telah diproses, segera. Jika subscriber telah berniat untuk meninggalkan program email, ucapan selamat tinggal yang anggun dan ucapan terima kasih atas dukungan mereka di masa lalu membantu dalam memperkuat hubungan. Media yang digunakan untuk melakukan ini bisa sama dengan penghapusan permintaan. 


Proses berhenti berlangganan dan berlangganan harus diperiksa minimal sebulan sekali. Hampir separuh pemasar tidak menguji metode berhenti berlangganan setelah diatur dan hanya satu dari empat pemasar yang memeriksa prosesnya hanya setelah menerima komplain tentang metode tersebut tidak berfungsi. 

Belum ada Komentar untuk " Mendapatkan Lebih Banyak dari Opsi Berhenti Berlangganan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel